·
Kesimpulan
analisis marketing strategic PT XL AXIATA
Berdasarkan
analisis strategi marketing PT. XL Axiata yang diperoleh dari annual report
company maka diperoleh kesimpulan bahwa PT XL cukup sukses dalam menerapkan
strategi pemasaran dan strategi korporasi dengan mengakuisisi saham AXIS
hal ini bisa terlihat dari perolehan tingkat pendapatan sebesar Rp 23,6 triliun atau meningkat sebesar 10%
dibandingkan tahun sebelumnya. Struktur pendapatan tersebut terlihat adanya
peningkatan signifikan dari layanan data sebesar 42% dari tahun sebelumnya. Dan
dengan mengakuisisi AXIS pangsa pasar (market share) XL naik menjadi 23% dengan
jumlah pelanggan 68,5 juta orang.
·
Saran
Dengan
penjualan smartphone di indonesia mengalami pertumbuhan hingga 70% dimana trend
peningkatan diperkirakan akan terus berlangsung. Hal ini memicu peningkatan
data yang akan berdampak positif tidak hanya kepada basis data tetapi juga
layanan digital sepeti E-comerce (elevania), M2M, dan M-Finance untuk tetap
bisa melayani pelanggan dengan baik. Untuk itu manajemen PT XL Axiata harus
bisa meningkatkan layanan data tanpa mengurangi qualitas layanan sms dan voice.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar